Selasa, 15 Maret 2011

Memanfaatkan layanan operator untuk GPS tracking

Beberapa operator gsm di Indonesia sudah memiliki jangkauan yang hampir mencakup 70 – 80 % populasi penduduk Indonesia. Dengan jangkauan yang sudah hampir ke pelosok desa ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk hal-hal yang positif. Beberapa operator sudah memanfaatkan layanan Location Based Service untuk layanan seperti lokasi bank/atm, rumah sakit, polisi, bengkel atau teman/keluarga kita.

Layanan ini bisa kita manfaatkan untuk melacak kendaraan kita. Dengan semakin banyaknya pencurian kendaraan bermotor baik mobil dan motor maka kita bisa manfaatkan layanan dari operator ini. Saya memanfaatkan layanan dari salah satu operator yakni xl. Operator terbesar ketiga ini memiliki jangkauan yang sangat luas dan menjangkau hampir ke seluruh pelosok Indonesia.

Adapun langkah-langkah yang harus disiapkan adalah sebagai berikut :
  1. Siapkan dua buah handphone dengan 2 sim card xl, yang satu kita pakai sendiri dan yang satunya kita simpan di kendaraan kita. Disarankan handphone yang kita pakai yang memiliki baterai tahan lama. Sebaiknya handphone disimpan ditempat yang tersembunyi.
  2. Daftarkan handphone utama kita di layanan Where r u? atau ketik REG NAMA Contoh REG DIDNO kemudian kirim ke 9455 nanti ada sms balasan tinggal kita lengkapi saja.
  3. Untuk menambah teman ketik ADDGROUP_NAMA TEMAN contoh ADDGROUP MOTOR kirim ke 9455. Kemudian tinggal melengkapi datanya.
  4. Untuk menambah teman ketik TAMBAH_No.HP kirim ke 9455 contoh TAMBAH 0817123456. maka di handphone kedua kita akan ada sms seperti ini : Ini layanan Lokasi Teman. DIDNO (6208176543210) meminta ijin untuk mengetahui lokasi Anda. Reply dengan mengetikkan “YES” utk menyetujuinya. Utk Block, Akses *123*573*1
  5. Untuk mencari lokasi handphone yang kedua kita ketik CARI No.HP kirim ke 9455 contoh CARI 0817123456.
  6. Nanti kita dikirim sms oleh operator seperti ini LOKASI TEMAN 08-Nov 07:46 62817123456 di sekitar Jl. Blok Desa, Gabuswetan, Gabuswetan, Indramayu, Jabar.
Kekurangan dari layanan ini adalah data lokasi yang masih belum mendekati jarak sesungguhnya. Karena layanan ini berdasarkan Base Transceiver Station (BTS). Wilayah tempat kita berada saja mungkin tercover lebih dari satu BTS sehingga dimana sinyal yang kuat maka sms itu yang akan dikirim ke handphone kita. Layanan ini dikenakan biaya Rp. 1.000/sms . Tapi mudah-mudahan dengan tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.
http://didno76.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar