Kamis, 31 Maret 2011

Visit Aceh

Masjid Raya Baiturrahman .
Bila Anda sedang berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk singgah ke Masjid Raya Baiturrahman karena belum lengkap rasanya kalau anda tidak menapaki masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh.

Masjid yang terletak di pusat kota Banda Aceh, dahulunya merupakan masjid Kesultanan Aceh. Dibangun oleh Sultan Alaidin Mahmud Syah I yang berkuasa tahun 1267-1309 M. Namun ada sumber yang menyebut bahwa Masjid Baiturrahman dibangun pada zaman Sultan Iskandar Muda (1607-1636). Dahulunya mesjid ini berkubah tunggal dan dapat diselesaikan pada tanggal27 Desember 1883. Selanjutnya Mesjid ini diperluas menjadi 3 kubah pada tahun 1935. Terakhir diperluas lagi menjadi 5 kubah (1959-1968).

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang terindah di Indonesia yang memiliki bentuk yang cantik, ukiran yang menarik, halaman yang luas dan terasa sangat sejuk apabila berada di dalam ruangan masjid tersebut. Dan pada saat terjadinya peristiwa gelombang tsunami, masjid ini seakan-akan menjadi saksi bisu dan memperlihatkan keteguhannya memberi naungan kepada rakyat Banda Aceh untuk berlindung dari terjahan tsunami.

Masjid Baiturrahman juga terkenal ke seluruh dunia, dan termasuk masjid termegah di Asia Tenggara.Masjid Raya Baiturrahman.

Masjid baiturrahman adalah sebagian kecil dari wisata-wisata lain yang ada di aceh , antara lain :
-Danau Laut Tawar ( Gayo )
-Pantai Lampu'uk ( Lhok Nga )
-Pantai Lhok Nga ( Lhok Nga )
-Pantai Ujong Batee ( Banda Aceh )
-DLL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar